Kamis, 26 Maret 2020

Satu Karyawan PwC Indonesia Meninggal Diduga Corona

Satu karyawan PwC Indonesia meninggal di RS Persahabatan pada Minggu (22/3) lalu. Penyebab kematian karyawan tersebut belum diketahui. Namun, ada dugaan karyawan tersebut meninggal karena virus corona. Best Profit

Dalam surat yang ditujukan kepada klien perusahaan, Senior Partner PwC Indonesia Irhoan Tanudiredja mengungkapkan manajemen sudah mengantisipasi untuk melindungi karyawan, walaupun belum ada keterangan resmi penyebab kematian. Bestprofit

"Kami belum menerima konfirmasi formal tentang penyebab kematian, tetapi mengingat perawatan yang ia jalani. Kami merasa perlu untuk memberi tahu semua pemangku kepentingan tentang fakta dan keadaan serta respon kami," ujar Irhoan dalam surat yang diunggah dalam situs resmi PwC Indonesia, Selasa (24/3). PT Bestprofit


Irhoan menjelaskan, hari terakhir almarhum karyawan tersebut berada di kantor PwC adalah dua pekan lalu, yakni Kamis (5/3). Perusahaan telah melakukan penelusuran kontak staf dan klien yang berada bersama korban.

PT Bestprofit Futures

Saat ini, semua sedang dalam proses identifikasi. Namun, menurut Irhoan, hingga saat ini dia tidak mengetahui staf lain yang menunjukkan gejala serupa dengan korban meninggal.

"Jadi kami berharap bahwa keputusan orang yang meninggal untuk melakukan isolasi diri telah mengurangi risiko bagi orang lain. Namun, ini tentu saja bukan kepastian mengingat sedikitnya yang diketahui tentang virus ini," paparnya.

Sehingga, perusahaan sudah memberikan pesan kepada siapa pun yang telah melakukan kontak dengan almarhum untuk mengisolasi diri dan mencari nasihat medis.

Irhoan memaparkan sebelum ada kejadian kematian dari karyawan PwC Indonesia, perusahaan telah menerapkan sejumlah langkah yang bertujuan melindungi karyawan dan klien. 

Perusahaan pun telah melakukan imbauan kerja di rumah sejak 2 Maret dan sejak 16 Maret sudah wajib bekerja dari rumah kecuali di mana ada kebutuhan bisnis yang mendesak. 

"Meskipun kami tidak tahu bagaimana wabah COVID-19 akan berkembang selama beberapa minggu dan bulan mendatang, kami bekerja dengan seluruh jaringan PwC untuk mempelajari pelajaran dari rekan-rekan di negara-neg

Rabu, 25 Maret 2020

Corona, Dana Keluarga Harapan Tahap III Cair Lebih Cepat

 Kementerian Sosial akan mempercepat pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahap III yang biasanya dijadwalkan Juli menjadi April 2020. Best Profit

Percepatan pencairan untuk mengantisipasi dampak dari merebaknya virus corona. Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama mengungkap percepatan ini akan diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bestprofit

"PKH ketiga dari Juli menjadi April. Jadi per bulan, yang tadinya per 3 bulan. Sehingga tanggap darurat KPM mendapatkan manfaat ganda," ujarnya dalam live conference, Selasa (24/3).

Sebelumnya, PKH tahap kedua yang seharusnya cair pada April dijadwalkan cair Maret.  PT Bestprofit

Menteri Sosial Juliari Batubara mengungkap percepatan tersebut dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar tetap menjaga daya beli. PT Bestprofit Futures


"Sesuai arahan Presiden Bapak Joko Widodo, kami harus menjaga daya beli Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sebagai kelompok yang sangat rentan terhadap perlambatan ekonomi akibat penyebaran virus corona (Covid-19). Setiap tahun, bantuan PKH diberikan empat tahap, kalau sesuai jadwal disalurkan bulan Januari, April, Juli, Oktober," kata Juliari pekan lalu.

Kemensos mencatat KPM yang telah mencairkan bantuan PKH pada tahap II seperti Kalimantan Selatan, Lampung (kab Lampung Timur, Pesawaran), Bengkulu, NTT, Banten (Pandeglang, Serang dan Kab Lebak), Jawa Tengah, Maluku dan Maluku Utara, Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan
.

Selasa, 24 Maret 2020

Cegah Panic Buying, Supermarket di Dunia Batasi Pembelian

 Supermarket di berbagai negara di dunia mulai menjatah pembelian makanan dan kebutuhan pokok lainnya sebagai upaya pencegahan penimbunan stok seiring meningkatnya pembelian panik (panic buying) akibat wabah virus coronaBest Profit

Pengecer makanan di Inggris seperti Tesco, Sainsbury's, Aldi, and Ocado membatasi pembelian sebagian atau seluruh produk yang bisa dibeli. Hal serupa juga diterapkan di beberapa supermarket AS dan Australia. Bestprofit

"Pembelian produk-produk populer seperti kertas toilet, sabun, dan susu kemasan akan dibatasi dua per pelanggan," kata CEO Sainsbury's Mike Coupe melalui surat resmi kepada pelanggan. PT Bestprofit

Sementara itu, Tesco membatasi seluruh produk dan hanya memperbolehkan pembelian maksimal 3 produk per pelanggan. Senada, Supermarket asal Jerman, Aldi hanya memperbolehkan pembelian maksimal 4 produk per pelanggan. PT Bestprofit Futures
Sementara Carrefour, supermarket yang memiliki 5.200 gerai di seluruh Prancis, menyatakan akan meluncurkan layanan via telepon dengan sistem pengiriman ke rumah pelanggan yang tak dapat bepergian dan tidak memiliki akses internet.Sainsbury's akan menutup kafe dan gerai pizza, daging, dan ikan untuk membuat ruang di gudang demi menampung produk-produk yang mendesak. Sainsbury's pun membuat kebijakan hanya melayani pelanggan lanjut usia dan renta di satu jam pertama setiap Kamis, mereka juga akan mendapat prioritas akses pengiriman online mulai minggu depan.

Juru bicara Tesco menyatakan bahwa ketersediaan stok hingga saat ini masih baik dan toko terus diisi ulang setiap hari. "Kami meminta para pelanggan untuk berbelanja seperti biasanya untuk membantu menjaga ketersediaan stok untuk semua orang," katanya.

Antrian Virtual
Tak hanya di toko fisik pembelian pelanggan dibatasi, pengecer online Inggris, Ocado menempatkan pembeli di antrian virtual. Di beberapa kasus, lama antrian bisa mencapai 2 jam.

"Untuk membantu distribusi adil, kami sementara harus membatasi beberapa produk ke satu atau dua produk per pemesanan," jelas perusahaan lewat surat kepada pelanggan.


"Jika memungkinkan, kami meminta Anda untuk hanya membeli keperluan secukupnya melalui website," kata CEO Carrefour Alexandre Bompard.

Senin, 23 Maret 2020

Khawatir Rugikan RI, Jokowi Akan Cek Izin Usaha Perikanan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengecek layanan perizinan usaha di sektor perikanan. Pasalnya, ia khawatir izin yang selama ini diberikan justru merugikan kepentingan nasional. Best Profit

Jokowi menyatakan telah mendapatkan laporan bahwa proses perizinan usaha di sektor perikanan sudah lebih simpel dan cepat dari sebelumnya. Namun, ia mengingatkan kepada jajarannya agar izin yang diberikan tetap mempertimbangkan sumber daya perikanan di dalam negeri. Bestprofit


"Sehingga perlu juga diikuti dengan pengendalian dan pengawasan yang baik. Jangan sampai hanya diberikan izin-izin tapi tidak diawasi di lapangan, sehingga dampaknya justru akan merugikan kepentingan nasional," ujar Jokowi, Kamis (19/3). PT Bestprofit
Selain itu, Jokowi juga memerintahkan 'pembantunya' untuk mengenalkan akses permodalan yang bisa digunakan oleh seluruh pelaku usaha di sektor perikanan, termasuk nelayan. Kemudian, sistem teknologi informasi juga perlu diperbaharui dan disesuaikan dengan dinamika di lapangan.

Ia meminta jajarannya untuk mempertahankan kinerja tersebut. Namun, jangan sampai peningkatan stok ikan ini tak dibarengi dengan kesejahteraan nelayan."Kembangkan sistem teknologi informasi terbaru dalam usaha perikanan tangkap dengan menggunakan big data dan artificial intelligence," terang Jokowi.  PT Bestprofit Futures
Menurut dia, kebijakan di sektor perikanan harus selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru. Jadi, industri tersebut nantinya bisa semakin produktif ke depannya. "Kebijakan harus benar-benar mengantisipasi perkembangan teknologi terbaru sehingga industri semakin produktif dan kompetitif," jelasnya.

Sejauh ini, Jokowi mengklaim kinerja industri perikanan di dalam negeri cukup baik. Hal itu terbukti dari peningkatan stok ikan nasional dari semula hanya 6 juta menjadi 12,5 juta ton.


"Stok ikan banyak maka industri perikanan nasional juga harus meningkat, produksi perikanan tangkap juga harus meningkat, ekspor perikanan juga harus meningkat. Jadi artinya kesejahteraan nelayan juga semakin baik," pungkas Jokowi.

Jumat, 20 Maret 2020

Ribuan Wisman 'Hijrah' dari Gili ke Bali Terkait Corona

Lebih dari 2.500 wisatawan mancanegara (wisman) berbondong-bondong ke Bali usai penutupan tiga pulau, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Penutupan akses dari dan menuju gili dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Best Profit

Wisman 'hijrah' menyeberang ke Bali menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Padang Bai dan Benoa. Kepala Syahbandar dan Otoritas Penyeberangan (KSOP) Pelabuhan Padang Bai Ni Luh Eka Suyasmin menerangkan jumlah wisman sebanyak 2.500 orang. Bestprofit

Puncak penyeberangan wisman dari gili ke Bali terjadi pada awal pekan ini, Senin (16/3), setelah Pemprov NTB memutuskan menutup sementara tiga gili di Lombok.

"Diperkirakan jumlah wisman yang masuk ke Padang Baik 2.500. Jumlahnya lebih banyak lagi jika menghitung penyeberangan lewat Pelabuhan Benoa," tutur Eka, Rabu (18/3).

Saat ini, kapal cepat atau fastboat di Pelabuhan Padang Bai hanya melayani aktivitas penyeberangan menuju Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Pulau Serangan saja. Sementara, penyeberangan ke Gili Trawangan ditunda hingga keluarnya kebijakan baru oleh pemerintah setempat. PT Bestprofit

"Fastboat dilarang beroperasi ke Gili Trawangan selama 14 hari ke depan terhitung sejak 16 Maret hingga 30 Maret 2020. Setelah itu, akan dievaluasi lagi. Ini sesuai dengan surat edaran dari Pemprov NTB dan Bupati Lombok Utara," imbuh Eka Suyasmin.

Kedatangan wisman dari Gili Trawangan menuju Bali melonjak sepekan terakhir usai kabar penutupan pulau. PT Bestprofit Futures

Rata-rata wisman yang menyeberang dari gili ke Bali mencapai 1.000 orang per hari dalam sepekan terakhir dan puncaknya terjadi pada Senin kemarin.

Eka Suyasmin memastikan seluruh wisman yang masuk lewat pelabuhan diperiksa suhu tubuhnya guna menekan penyebaran virus corona.

"Wisman yang masuk ke Bali lewat Pelabuhan Padang Bai menyebar ke sejumlah daerah, seperti Badung, Denpasar, Gianyar. Ada juga yang ke Karangasem, detailnya tidak begitu tahu," tandasnya.

Kamis, 19 Maret 2020

Satu Karyawan Bank Mandiri Diduga Terinfeksi Corona

Satu orang karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk diduga terinfeksi virus corona. Saat ini, karyawan yang berkantor di cabang Kyai Tapa, Jakarta Barat, itu masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Best Profit
Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan membenarkan hal tersebut. Ia bilang sebagai tindakan preventif dan perlindungan terhadap pegawai dan nasabah, manajemen mengalihkan operasional kantor cabang di Kyai Tapa ke S Parman. Bestprofit

"Pasalnya, terdapat seorang pegawai yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut terkait covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (16/3).

Rully melanjutkan, kesehatan pegawai dan nasabah merupakan prioritas manajemen. "Informasi lebih lanjut kami serahkan kepada Kementerian Kesehatan sebagai lembaga yang berwenang menyampaikan covid-19," imbuh dia. PT Bestprofit

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Bank Mandiri mengimbau nasabah untuk menggunakan aplikasi Mandiri Online untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan nasabah.

Sebelumnya, satu orang karyawan PT Bank Cimb Niaga Tbk dinyatakan positif virus corona. Karyawan tersebut terakhir bekerja pada 28 Februari 2020. Selanjutnya, pada Maret 2020, yang bersangkutan dirawat di rumah sakit.  PT Bestprofit Futures

Setelah dirawat selama beberapa hari, karyawan tersebut akhirnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Ia mengatakan karyawan tersebut sehari-hari bertugas di unit back office.

Melalui informasi yang disampaikan oleh Head of Marketing, Brand and Communication CIMB Niaga Toni Darusman, karyawan tersebut bekerja di Gedung Graha Niaga Bintaro
.

Rabu, 18 Maret 2020

Satu Karyawan CIMB Niaga Positif Corona

 CIMB Niaga menyatakan satu orang karyawan mereka positif terinfeksi virus corona. Melalui informasi yang disampaikan oleh Head of Marketing, Brand and Communication CIMB Niaga Toni Darusman, karyawan tersebut bekerja di Gedung Griya Niaga BintaroBest Profit

Sebelum sakit, karyawan tersebut terakhir masuk kerja pada 28 Februari 2020. Selanjutnya, pada 2 Maret 2020, yang bersangkutan dirawat di rumah sakit. Bestprofit

Setelah dirawat selama beberapa hari, karyawan tersebut akhirnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Ia mengatakan karyawan tersebut sehari-hari bertugas di unit back office

Dengan demikian, ia tak berkaitan langsung dengan nasabah. Ia mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran wabah tersebut, perusahaannya telah menerapkan protokol pencegahan. PT Bestprofit

"Di antaranya dengan disinfeksi kantor-kantor CIMB Niaga dan akan terus meningkatkan frekuensi pembersihan dan sanitasi," katanya dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia, Senin (16/3).

Selain itu, CIMB juga melaksanakan sistem kerja terpisah untuk unit kerja kritikal dan melanjutkannya ke unit kerja nonkritikal. Bank tersebut juga akan menerapkan protokol pengecekan suhu tubuh di jaringan kantor dan cabang CIMB Niaga serta menyediakan hand sanitizer di lingkungan kerja dan kantor cabang.

Manajemen juga sedang mengkaji secara saksama kemungkinan penerapan sistem kerja dari rumah untuk unit-unit tertentu. "Operasional CIMB dan layanan kepada nasabah tetap berjalan dengan melakukan penyesuaian," katanya. PT Bestprofit Futures

CIMB Niaga juga memiliki layanan perbankan digital sebagai alternatif solusi kepada nasabah untuk mengurangi kontak secara langsung karena dapat dilakukan di mana saja.