Selasa, 29 Oktober 2019

Permintaan Melonjak, Harga Batu Bara Naik ke US$ 66/Ton


Harga penjualan batu bara selama bulan November 2019 dipatok pada angka US$ 66,27 per ton atau naik 2,27% dari HBA Oktober 2019 senilai US$ 64,8 per ton. Ketetapan ini mengacu pada Keputusan Menteri Nomor 224 K/30/MEM / 2019 yang diteken oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif tentang Harga Mineral Logam Acuan dan Harga Batubara Acuan untuk Bulan November 2019.
Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan kenaikan HBA bulan November dipicu oleh meningkatnya permintaan pasar menjelang musim dingin.
"Naiknya tipis dari bulan sebelumnya karena ada kenaikan permintaan," katanya dikutip dari laman Kementerian ESDM, Rabu (6/11/2019). BESTPROFIT


Harga batu bara tersebut, imbuh Agung, akan digunakan untuk penjualan langsung (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel). PT BESTPROFIT FUTURES

Nilai HBA sendiri diperoleh rata-rata empat indeks harga batubara yang umum digunakan dalam perdagangan batubara dunia, yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, mayoritas harga acuan untuk 20 mineral logam (Harga Mineral Acuan/HMA) juga mengalami kenaikan di bulan November 2019. Misalnya, untuk harga Nikel naik menjadi US$ 17.456,43/dry metric ton (dmt) dari bulan sebelumnya, yaitu US$ 17.176,82/dmt.

1. Kobalt: US$ 36.035,71/dmt, naik dari US$ 34.363,64/dmt

2. Timbal: US$ 2.126,24/dmt, naik dari US$ 2.066,93/dmt

3. Seng: US$ 2.365,19/dmt, naik dari US$ 2.295,45/dmt

4. Aluminium: US$ 1.721,38/dmt, turun dari US$ 1.749,00/dmt

5. Tembaga: US$ 5.697,05/dmt, turun dari US$ 5.725,30/dmt

6. Emas sebagai mineral ikutan: US$ 1.498,65/ounce, turun dari US$ 1.515,23/ounce

7. Perak sebagai mineral ikutan: US$ 17,68/ounce, turun dari US$ 18,02/ounce

8. Ingot timah Pb 300: sesuai harga ingot timah yang dipublikasikan ICDX pada hari penjualan

9. Ingot timah Pb 200: sesuai harga ingot timah yang dipublikasikan ICDX pada hari penjualan

10. Ingot timah Pb 100: sesuai harga ingot timah yang dipublikasikan ICDX pada hari penjualan


11. Ingot timah Pb 050: sesuai harga ingot timah yang dipublikasikan ICDX pada hari penjualan

12 Ingot timah 4NINE: sesuai harga ingot timah yang dipublikasikan ICDX pada hari penjualan

13. Logam emas: sesuai harga logam emas yang dipublikasikan London Bullion Market Association (LBMA) pada hari penjualan

14. Logam perak: sesuai harga logam perak yang dipublikasikan London Bullion Market Association (LBMA) pada hari penjualan

15. Mangan: US$ 4,18/dmt, turun dari USD4,59/dmt

16. Bijih Besi Laterit/Hematit/Magnetit: US$ 1,31/dmt, naik dari USD1,28/dmt

17. Bijih Krom: US$ 2,86/dmt, naik dari US$ 2,83/dmt

18. Konsentrat Ilmenit: US$ 4,24/dmt, naik dari US$ 4,09/dmt

19. Konsentrat Titanium: US$ 10,17/dmt, naik dari US$ 9,76/dmt

HMA adalah salah satu variabel dalam menentukan Harga Patokan Mineral (HPM) logam berdasarkan formula yang diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 2946 K/30/MEM/2017 tentang Formula Untuk Penetapan Harga Patokan Mineral Logam. Variabel penentuan HPM logam lainnya adalah nilai/kadar mineral logam, konstanta, corrective factor, treatment cost, refining charges, dan payable metal.

Besaran HMA ditetapkan oleh Menteri ESDM setiap bulan dan mengacu pada publikasi harga mineral logam pada index dunia, antara lain oleh London Metal Exchange, London Bullion Market Association, Asian Metal dan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX).

Senin, 28 Oktober 2019

KM Masagena Patah Kemudi di Perairan Selayar, Tim SAR Evakuasi Penumpang


Tim SAR gabungan mengevakuasi 10 kru dan penumpang KM Masagena Satu yang mengalami kerusakan di perairan Selayar, Sulsel. Kapal ini mengalami patah kemudi.
Kepala Kantor Badan SAR Makassar, Mustari, dalam keterangannya, Rabu (6/11/2019), mengatakan KM Masagena Satu mengalami patah kemudi sekitar 7 mil laut dari Pelabuhan Pattumbukang, Selayar. Peristiwa patah kemudi itu terjadi Selasa (5/11) sekitar pukul 15.00 Wita. BEST PROFIT


Akibat kerusakan di bagian kemudi, kapal yang mengangkut wisatawan ini terbawa arus dan terombang-ambing di lautan.
"Saat Pos Basarnas Selayar menerima info kapal dengan 10 penumpang, tim Basarnas Selayar langsung mengerahkan kapal cepat untuk mencari kapal di lokasi yang dilaporkan, dengan melibatkan potensi SAR lainnya," ujar Mustari.

Setelah melakukan pencarian, Basarnas Selayar bersama tim SAR gabungan yang terdiri dari Tagana, BPBD, Polres, dan Kodim Selayar, menemukan Kapal Masagena Satu sekitar 400 meter dari lokasi terakhir yang dilaporkan.

Tim SAR Gabungan kemudian mengevakuasi kesepuluh orang penumpang kapal bersama ABK dan nahkodanya dengan menggunakan kapal cepat atau Rigid Inflatable Boat (RIB) milik Basarnas Selayar sekitar pukul 20.00 Wita malam tadi, menuju Pelabuhan Pattumbukang.

Kesepuluh penumpang dan ABK KM Masagena, yaitu Melisa (27), Fitra (28), Ijal (37), Indah (29), Bob (31), Patta Saleh (41), Erfan (33), Irwan (25), serta Nakhoda kapal bernama Saiful (35) dan ABK-nya, Bur (27).

"Setelah penumpang dievakuasi, kapal Masagena ditarik oleh kapal nelayan setempat menuju Pelabuhan Pattumbukang," pungkas Mustari.

Jumat, 25 Oktober 2019

Jokowi Lantik Menteri, Projo Pamit Merasa Tak Dibutuhkan Lagi


Ormas Pro Jokowi, yang mendorong Jokowi sejak maju Pilgub DKI sampai ke kursi RI-1, pamit. Ada apa gerangan?
"Terima kasih atas kerja samanya selama ini. Tugas Projo sudah selesai hingga pelantikan 20 Oktober 2019. Selamat bekerja pemerintahan Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin dan kabinet Indonesia kerja," kata Budi Arie Setiadi, kepada wartawan, Rabu (23/10/2019). BEST PROFIT


"Kami ikhlas jika memang tidak dibutuhkan lagi," jawab Budi Arie tanpa menyebutkan alasannya. BESTPROFIT

"Izin pamit untuk kembali ke kehidupan," ujar Budi Arie puitis, dalam penutup edaran ke media sosial ini.

Lantas ada apa gerangan antara Projo dan Jokowi?
Sore nanti Projo menggelar konferensi pers menjawab pertanyaan tersebut. Namun belakangan muncul meme soal Projo yang berubah jadi Projowo (Pro Jokowi Prabowo). Apakah Projo mundur karena Prabowo masuk kabinet, atau ada alasan lain?

Kamis, 24 Oktober 2019

Punya Menteri Baru, Ini Harapan Pegawai Kementerian PANRB


Tjahjo Kumolo ditunjuk menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) dalam Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.
Para pegawai Kementerian PANRB pun akan mendapat bos baru yang tentunya akan berbeda dengan sebelumnya, ketika dijabat oleh Syafruddin.
Menanggapi hal itu, pegawai Kementerian PANRB Baihaqi (52), mengatakan dirinya menyambut baik penunjukan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PANRB. Ia berharap dari menteri yang baru dapat memperbaiki kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di seluruh Indonesia khususnya di Kementerian PANRB sendiri. BEST PROFIT

"Alhamdulillah semoga ada perubahan. Artinya perubahan yang lebih baik. Terutama buat karyawan ASN disini. Yang kemarin cukup bagus tapi yang baru mudah-mudahan lebih bagus lagi," kata Baihaqi saat ditemui di kantor Kementerian PANRB, Rabu (23/10/2019).

Hal yang serupa disampaikan pegawai lainnya, Mundari (54) berharap terpilihnya Tjahjo Kumolo bisa membawa kementerian PANRB menjadi lebih baik.

"Saya mengharapkan agar lebih baik, Menpan lebih maju ke depan," paparnya.

Untuk diketahui, Tjahjo Kumolo bukanlah nama baru di kabinet Jokowi. Sebelumnya, pada periode pertama Jokowi, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Rabu, 23 Oktober 2019

Berat Tinggalkan Gojek, Nadiem: Driver Itu Keluarga Saya


Secara tak teduga Nadiem Makarim masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. Dia dipilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).
Terpilihnya Nadiem menjadi menteri sempat menimbulkan polemik dan penolakan. Penolakan itu datang dari para mitranya sendiri yakni sopir atau driver ojek online (ojol).
Meski tak langsung menanggapi hal itu, Nadiem mengaku sangat sedih untuk meninggalkan Gojek. Perusahaan startup yang dia bangun yang kemudian menjelma sebagai decacorn dengan valuasi US$ 10 miliar atau setara dengan Rp 140 triliun (kurs Rp 14.000). BESTPROFIT


Dia mengaku yang paling membuat dirinya sedih adalah harus berpisah dengan para driver Gojek. Nadiem menganggap para driver sudah menjadi keluarganya sendiri.

"Saya ingin ucapkan terima kasih, saya akan ucapkan beberapa patah kata dan keluarga saya di Gojek. Nanti itu to follow, nanti itu saya sebut, saya sangat sedih untuk meninggalkan itu, itu keluarga saya para driver itu," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


Meski berat, Nadiem mengaku tetap akan menjalankan amanahnya dengan menteri. Jabatan itu dianggapnya juga sebagai tantangan baginya yang berasal dari generasi milenial.

"Terima kasih Pak Presiden, teman-teman media, amanah ini saya ambil sangat serius. Tantangan akan luar biasa, mohon dukungan, mohon dukungan para milenial. Karena saya satu-satunya mewakili milienal di kabinet. Jadi mohon dukungan teman-teman milenial untuk berbagai inovasi yang saya lakukan," tutupnya.

Sebelumnya Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Garda Igun Wicaksono mengatakan, driver ojol akan demo besar-besaran jika Jokowi tetap menjadikan Nadiem sebagai menteri. Aksi itu akan digelar di seluruh Indonesia.

"Apabila akhirnya Presiden Jokowi tetap menunjuk Nadiem sebagai salah satu menteri ya kami mungkin bisa melakukan aksi penolakan, pergerakan dari seluruh Indonesia. Pastinya yang disasar Presiden Jokowi sendiri," katanya kepada detikcom, Senin (21/10/2019).

"Kita sudah peringatkan jangan tunjuk Nadiem kalau tetap menunjuk pasti akan pergerakan ojol di seluruh Indonesia, penolakan Nadiem," ujarnya.

Selasa, 22 Oktober 2019

Masuk Kabinet Jokowi, Gerindra: Kami Belum Dengar Kekecewaan Pendukung


Menteri Kelautan dan Perikanan dari Gerindra Edhy Prabowo mengatakan partainya sudah menyampaikan sikap bergabung ke kabinet Jokowi ke pendukung mereka. Menurut Edhy, dirinya belum mendengar adanya suara kekecewaan dari pendukung secara langsung.
"Sejauh ini sudah kita sampaikan dan saya pikir itu menjadi urusan kami. Tidak perlu kita publikasi. Selama ini kita belum dengar langsung," ujar Edhy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). BEST PROFIT

Gerindra awalnya berseberangan Jokowi saat Pilpres 2019 karena mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai capres-cawapres. Usai Pilpres 2019, Prabowo bertemu Jokowi dan kini resmi masuk kabinet. BESTPROFIT

"Cuma kita selalu terbuka untuk mendengarkan, menerima masukan. Kalau kekecewaan secara langsung sih kami belum mendengar," ujar Edhy.

Prabowo dan Edhy mendapat slot di Kabinet Indonesia Maju. Terkait posisinya di Gerindra, Edhy menyebut tidak ada larangan dari Jokowi.

"Ya, ya, masih. Tidak ada pelarangan kan untuk jabatan politik," kata Edhy.

Senin, 21 Oktober 2019

Pencetus Ojek Online Itu Merapat ke Istana

Pendiri Gojek, Nadiem Makarim, terlihat merapat di Istana. Kemungkinan besar, ia akan ditunjuk sebagai menteri atau pejabat setingkatnya dalam kabinet baru presiden Joko Widodo.
Pantauan detikcom, Nadiem tiba di Istana pada Senin (21/10/2019) pukul 10.17 WIB. Dia memakai kemeja putih dan celana hitam. "Saya dipanggil ke presiden," kata Nadiem.
Belakangan memang santer dikabarkan bahwa Nadiem akan mengisi pos menteri Digital. Berbicara ranah digital sendiri, selama ini sektor tersebut di bawah kendali Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang merupakan bagian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
"Bagus dong. Bagusnya begini, artinya kalau betul yang bersangkutan kan pengalamannya terbukti, sudah menjadikan Gojek jadi decacorn, itu satu. Kedua, kalau sudah sekelas begitu, sudah saatnya mengabdi kepada bangsa," tutur Menkominfo Rudiantara beberapa waktu lalu.
Menilik riwayatnya, Nadiem menamatkan kuliah di Harvard Business School dengan gelar MBA. Pada 2006, Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Setelah memperoleh gelar MBA, ia terjun sebagai pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia sebagai Managing Director.

Setelah keluar dari Zalora, Nadiem kemudian menjabat Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Go-Jek yang telah ia rintis sejak 2011. Nah, dari mana pendiri dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim mendapatkan ide untuk mendirikannya?

Ternyata dari pengalaman sendiri yang sulit menemukan ojek saat jam sibuk di Jakarta. Hal itu memunculkan ide membuat solusi sewa ojek yang lebih mudah dengan teknologi.

"Awal mulanya idenya datang dari kekesalan saya sewaktu naik ojek untuk kemana-mana di Jakarta," kata Nadiem dalam wawancaranya dengan CNBC.

Gojek pun berkembang luar biasa dengan sokongan dana dari perusahaan-perusahaan besar. Sebagai decacorn, valuasinya dikabarkan sudah menyentuh lebih dari USD 10 miliar.