Selasa, 25 April 2017

Jika Pemerintahan Trump Tutup, PNS Hingga Tentara Tak Dapat Gaji

PT BESTPROFIT Kongres Amerika Serikat (AS) sedang membahas anggaran pemerintah AS untuk masa 29 April hingga 30 September 2017. Pembahasan berjalan alot setelah Gedung Putih mengusulkan dana US$ 22 miliar (Rp 290 triliun) untuk pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Proyek tembok ini merupakan janji Presiden Donald Trump saat kampanye. Tujuannya untuk mengurangi imigran gelap dari Amerika Selatan masuk ke AS.

Trump mengaku pihak Meksiko akan mengganti dana pembangunan tembok tersebut jika sudah disetujui anggarannya. Namun Pemerintah Meksiko membantah pernyataan Trump tersebut dan menyatakan tidak akan mengeluarkan sepeser pun dana untuk pembangunan tembok di perbatasan tersebut.
Akibatnya, belum ada persetujuan anggaran dari Kongres AS sampai saat ini. Jika sampai Jumat 29 April 2017 belum juga disetujui, maka pemerintah Trump bisa ditutup sementara.

Tutupnya pemerintahan berbuntut panjang, mulai dari tutupnya pelayanan publik hingga ratusan ribu PNS dan tentara akan diliburkan tanpa digaji.

Perusahaan yang sudah dapat proyek dari Pemerintah AS, seperti produsen senjata bisa tidak dibayar dan harus menghentikan produksi.

"Jika pemerintahan tutup, imbasnya adalah Kementerian Pertahanan tidak bisa membelanjakan anggaran," kata Katherine Blakeley, analis independen dari Center for Strategic and Budgetary Assessments di Washington, D.C. seperti dikutip CNBC, Selasa (25/4/2017).

Ujung-ujungnya, para tentara yang sedang bertugas hingga PNS tidak akan digaji untuk sementara waktu, setidaknya sampai ada persetujuan anggaran.

Meski tidak digaji, namun 1,4 juta personel militer AS tetap harus bertugas. Pada penutupan pemerintahan 2013 lalu, Kongres AS menyetujui sebagian anggaran untuk para militer aktif ini supaya bisa tetap menjalankan tugasnya.

Pada 2013, pemerintahan AS tutup selama 16 hari saat Kongres AS menolak tambahan anggaran untuk Obamacare.

Baca juga: Pemerintahan AS Juga Pernah Tutup di Masa Obama dan Clinton (ang/hns) BESTPROFIT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar