Selasa, 21 Mei 2019

2 Bulan Sejak Dicanangkan Jokowi, Apa Kabar Progres MRT Fase II?


Rute Selatan-Utara Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang sudah terbangun dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) terus dilanjutkan ke Kota, Jakarta Utara. Pembangunan fase II telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak tanggal 24 Maret 2019 lalu.
Lalu, bagaimana perkembangan pembangunan rute dari Bundaran HI ke Kota tersebut?
Corporate Secretary MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menjelaskan hingga kini pihaknya masih fokus dalam persiapan pengerjaan di kawasan Monas. Lokasi tersebut menjadi tempat dibangunnya gardu receiving sub station atau gardu induk MRT fase II.


"Iya ini awalnya pengerjaan di Monas dulu, fokus sampe akhir tahun ini. Kalau untuk Monas sudah persiapan pengerjaan, mulai dipagar segala macem," kata Kamal kepada detikFinance, Selasa (21/5/2019).

Kamal mengatakan lokasi pengerjaannya berada di sisi Barat Daya Tugu Monas. Pertemuan antara Jalan Merdeka Selatan dan Merdeka Barat.

"Lokasinya di Monas deket-deket Medan Merdeka Selatan dan Barat. Sudut barat daya ya," kata Kamal.


Salah satu yang sedang dibangun di Monas adalah pembentukan aliran listrik dan jalan penghubung dari Monas ke stasiun bawah tanah.

"Kita di Monas mulai bikin suplai listrik untuk fase 2 kemudian penghubung Monas ke stasiun bawah tanah," kata Kamal.

Pembangunan terowongan berikut treknya sendiri dimulai usai pengerjaan stasiun bawah tanah Monas selesai.

"Pembangunan terowongan sendiri sesudah pengerjaan stasiun di Monas selesai. Nanti nyambung tuh (Stasiun MRT) HI ke Monas juga," jelas Kamal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar