Rabu, 25 April 2018

SoftBank dan Google investasi di China


PT BESTPROFIT Perusahaan investasi SoftBank Group dan induk Google, Alphabet Inc masuk ke pasar transportasi di China. Dua perusahaan ini akan mengalirkan dana segar ke platform layanan truk asal China yakni Manbang Group.Manbang yang dikenal sebagai Full Truck Alliance Group akan menerima dana segar sekitar.

US$ 1,9 miliar. SoftBank akan menyediakan dana US$ 1 miliar untuk Manbang. Sedangkan Alphabet akan menginvestasikan dana melalui CapitalG Alphabet.Nah, perputaran penggalangan dana terbaru ini akan meningkatkan nilai perusahaan Manbang. Wall Street Journal mengutip sumber yang mengetahui transaksi tersebut melaporkan, nilai perusahaan Manbang akan lebih dari US$ 6 miliar.




Jika berjalan mulus, kesepakatan ini akan menandai investasi pertama bagi investor asal Amerika Serikat (AS) Alphabet untuk masuk ke pasar Negeri Tembok Besar. Asal tahu saja, sebagian besar layanan Google tidak tersedia di China sejak tahun 2010, dengan alasan keamanan negara. BEST PROFIT

Mengutip laporan Reuters, Manbang Group menyampaikan, investasi tersebut dipimpin oleh SoftBank yang meliputi Apple Inc, Foxconn Technology Group, Alphabet dan dana investasi Saudi Arabia. Investor juga perusahaan ekuitas swasta yang didukung Pemerintah China yakni Reform Fund dan perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong, Ward Ferry.

Chief Executive Officer Manbang Group Wang Gang mengatakan, perusahaannya akan menggunakan sebagian besar dana untuk melakukan akuisisi perusahaan lain. Kesepakatan itu telah membawa perkembangan Manbang ke tahap baru," kata Wang. Adapun, investasi tersebut akan membantu Manbang mengembangkan area bisnis dan pasar baru. Saat ini, sekitar 5,2 juta dari 7 juta truk di China adalah anggota dari Full Truck Alliance. BESTPROFIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar