Rabu, 19 September 2018

Paus Terima Pengunduran Diri Uskup Brasil yang Curi Uang Gereja


Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menerima pengunduran diri seorang uskup di Brasil yang dituduh mencuri uang gereja. Uskup itu telah ditangkap oleh otoritas setempat. 
Seperti dilansir AFP, Kamis (13/9/2018), rohaniawan yang terjerat kasus pidana ini diketahui bernama Monsignor Jose Ronald Ribeiro. Dia diketahui menjabat Uskup Formosa sejak tahun 2014. Formosa merupakan sebuah wilayah yang berjarak 80 kilometer dari ibu kota Brasilia.
Oleh otoritas Brasil, Ribeiro dituduh mencuri uang gereja sebesar US$ 600 ribu (Rp 8,7 miliar). Ribeiro sendiri telah ditahan sejak Maret lalu. BESTPROFIT


Laporan media setempat menyebut Ribeiro yang berusia 61 tahun, menggunakan uang curian itu untuk membeli sebuah fasilitas judi dan sebuah peternakan lokal. 

Pekan ini, Vatikan mengumumkan bahwa Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri Ribeiro dari jabatannya.

Secara terpisah dilaporkan Cruxnow.com, media independen yang fokus membahas Vatikan dan Gereja-gereja Katolik dunia, Vatikan juga menyatakan Uskup Agung Paulo Mendes Peixoto dari Uberaba akan menjabat sebagai Penanggung Jawab Apostolik untuk Keuskupan Formosa. Nama Peixoto telah ditunjuk menempati posisi itu sejak 21 Maret lalu, atau dua hari setelah Ribeiro ditahan. 


Dalam kasus ini, otoritas Brasil mendakwa Ribeiro bersama empat pastor lainnya atas dakwaan penggelapan uang gereja. Penggeledahan di rumah Ribeiro berujung temuan sisa uang yang dicuri dan digelapkan, yang disembunyikan dalam kompartemen rahasia di dalam sebuah lemari.

Jaksa yang memimpin kasus ini, Douglas Chegury, menuturkan kepada media-media Brasil bahwa Ribeiro juga dicurigai mencuri uang gereja dari paroki di sejumlah keuskupan lainnya di wilayah Minas Gerais, tempat dia menjabat antara tahun 2007-2014.

"Uskup ini menghadapi masalah yang sama di Keuskupan Janauba (Minas Gerais). Dia dipindahkan dari sana ke sini (Formosa), di mana dia melakukan skema yang sama," sebut Chegury seperti dikutip media lokal G1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar