Selasa, 16 Juni 2020

Saham Pilihan di Tengah Peningkatan Jumlah Kasus Virus Corona

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat kurang darah pada perdagangan pekan lalu, yakni turun 1,36 persen dari level 4.947 menjadi 4.880. Namun, indeks saham berhasil mendarat di zona hijau atau naik 0,53 persen pada penutupan perdagangan akhir pekan. 
Best Profit
Aksi ambil untung (profit taking) memang marak. Tetapi, Head of Research PT Samuel Sekuritas Suria Dharma menilai pelemahan indeks juga berasal dari tekanan sentimen global, terutama dari Amerika Serikat (AS). Bestprofit
Sebelumnya, The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga acuan 0 persen. Bank sentral AS mengisyaratkan mempertahankan kebijakan ini hingga perekonomia n kembali ke jalur yang tepat. Berarti suku bunga acuan mungkin bertahan setidaknya hingga 2022. PT Bestprofit
Suria bilang sinyal buruk yang disampaikan oleh Gubernur The Fed Jerome Powell itu meruntuhkan harapan dan optimisme investor ke pasar saham. Belum lagi, angka infeksi virus corona yang kian mengkhawatirkan di AS, yaitu sebanyak 2,1 juta orang hingga Minggu (14/6).

Pun demikian, Suria menilai prospek IHSG tak terlalu suram. Buktinya, indeks berhasil ditutup di zona hijau meskipun investor asing jual bersih sebesar Rp1,21 triliun. Menurut dia, hak itu menandakan ketangguhan investor dalam negeri yang menopang laju indeks dan tak ikut-ikutan panik lalu angkat kaki.Tak jauh berbeda, jumlah korban positif covid-19 di Indonesia pun tak kunjung melandai. Per kemarin, kasus positif mencapai 38.277, dengan jumlah orang meninggal sebanyak 2.134. Namun, Suria menilai tingginya angka positif pasien covid-19 dalam negeri disebabkan oleh bertambahnya jumlah tes di daerah episentrum penularan. PT Bestprofit Futures
"Kalau dilihat dana asing keluar sangat besar, Rp1,2 triliun. Investor lokal sebetulnya yang bertahan, yang menjaga IHSG," imbuh dia, Senin (15/6).
Potensi penguatan lainnya, jelang rapat dewan gubernur (RDG) bulanan Bank Indonesia (BI) pada pekan ini atau tanggal 17-18 Juni nanti. Keputusan moneter BI diprediksi dapat mendongkrak kinerja pasar saham.

Ia turut mengingatkan investor untuk memilih sektor dan saham yang cenderung tidak mengalami penurunan permintaan di tengah pandemi corona. Ia mencontohkan sektor telekomunikasi dan farmasi.
Hanya saja, dalam menyikapi tingkat volatilitas tinggi, lanjutnya, investor harus ekstra hati-hati dalam menentukan portofolio investasinya. Ia menyarankan investor untuk rajin mengecek kinerja kuartal I 2020 setiap saham yang dibidik, termasuk juga kemampuan perusahaan dalam membayarkan dividen.
PT Kalfe Farma Tbk (KLBF), misalnya, yang mencatat pertumbuhan sehat pada kuartal I 2020. Perusahaan mengantongi penjualan bersih senilai Rp5,8 triliun atau tumbuh 8,01 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, yaitu sebesar Rp5,37 triliun.

Kenaikan penjualan ditopang oleh distribusi dan logistik yang meningkat hingga 13,21 persen dibanding kuartal sama 2019 menjadi Rp 1,8 triliun. Sementara, atribusi penjualan produk nutrisi naik 5,26 persen (yoy) menjadi Rp1,6 triliun pada kuartal I 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar