Senin, 29 Juli 2019

Bantu Jokowi Cari Menko Polhukam yang Berkualitas, Begini Caranya

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) adalah salah satu jabatan strategis di kabinet yang akan dibentuk Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi). Siapa yang cocok menduduki posisi ini menurut Detikers?
Detikers bisa ikut mengusulkan nama Menko Polhukam lewat program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' dengan mengisi form survei berikut ini. Survei berlangsung pada 12-26 Agustus 2019.
Berdasarkan Perpres 43/2015, Kemenko Polhukam bertugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggara pemerintahan di bidang politik, hukum dan keamanan.
Kemenko Polhukam mengkoordinasikan:

a. Kementerian Dalam Negeri

b. Kementerian Luar Negeri

c. Kementerian Pertahanan

d. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

e. Kementerian Komunikasi dan Informatika

f. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

g. Kejaksaan Agung

h. Badan Intelijen Negara

i. Tentara Nasional Indonesia

j. Kepolisian Negara Republik Indonesia

k. Instansi lain yang dianggap perlu.

Detikers yang turut mengusulkan nama calon menteri lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri' berkesempatan mendapatkan hadiah Rp 500 ribu rupiah. Hadiah diberikan kepada Detikers yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya saat ini.

Selanjutnya nama calon menteri usulan Detikers akan diverifikasi oleh tim pakar dan menjadi bahan Focus Group Discussion. Tim pakar akan mengerucutkan nama-nama yang masuk menjadi 6 calon menteri per kementerian.

Detikers akan kembali dilibatkan lewat survei untuk mengerucutkan dari 6 menjadi 3 besar calon menteri. Nah tiga nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.

Ini bukan pertama kalinya detikcom membantu Jokowi mencari menteri. Pada tahun 2014, detikcom mengadakan 'Seleksi Menteri' dan beberapa nama dari program tersebut masuk ke Kabinet Kerja 2014-2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar