Senin, 18 Desember 2017

Gandeng BMW, Penyediaan Infrastruktur Mobil Listrik dari PLN Akan Canggih

PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) berkolaborasi bersama BMW untuk bangun infrastuktur pendukung kendaraan listrik. Fasilitas tersebut akan disemarkan ke Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU) yang akan didistribusikan PLN ke seluruh Indonesia. BESTPROFIT

Jodie O'tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia menuturkan akan terjadi transfer teknologi antara BMW i Wall Box (fasilitas penyediaan listrik dari PLN) dengan Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU) dari PLN. Pihak BMW akan menghadirkan beberapa ahli untuk mengkaji dan menelanjangi fasilitas dari BMW tersebut.

"Jadi setelah hari ini akan ada workshop, bersama dengan rekan-rekan internal PLN dengan menghadirkan ahli dari BMW Jerman. Diantaranya adalah ahli dari BMW i, ahli dari teknologi, maupun ahli untuk infrastruktur dan berbagi pengalaman yang sudah kita lakukan dengan negara lain," kata Jodie kepada wartawan di Jakarta.
"Dan juga apa sih yang dibutuhkan untuk bisa menghadirkan infrastruktur yang memadai bagi kendaraan listrik di Indonesia, itu yang akan kita share. Dimulai dengan pemberian BMW I Wall Box. Kita menyebutnya transfer teknologi, kita berikan teknologi dari BMW seperti ini, standar yang dibutuhkan kendaraan listrik BMW seperti ini, tipe chargernya seperti ini, spesifikasi, kompatibilitas, itu sangat penting," tambahnya.

Lebih lanjut, fasilitas SPLU yang akan dibuat dan dimodifikasi oleh PLN ini nantinya akan disebarkan ke seluruh Indonesia. Wah, era kendaraan listrik makin dekat nih Otolovers.

"Perangkat ini bisa digunakan oleh PLN untuk apapun, bisa dibongkar, dilihat teknologinya. Jadi memang akan digunakan untuk litbang PLN," kata Jodie.

"Untuk saat ini baru satu unit yang kita berikan, tapi itu merupakan sebuah milestone yang penting. Karena di Indonesia kami baru memiliki dua BMW I diler. Yang ada di Serpong dan Tebet, dan pastinya di rumah pemilik BMW i8. Di luar itu semua, PLN lah yang bertanggung jawab," tambahnya.

Disamping itu, PLN Disjaya juga akan menyebarkan 1500 SPLU sampai akhir tahun khusus di Jakarta. Namun jumlah tersebut akan terus berubah tergantung permintaan dan penggunaan kendaraan listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar