Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tak menghentikan BPJS Kesehatan dalam berinovasi. Kini fitur CHIKA dan VIKA dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan peserta JKN-KIS. Best ProfitKedua fitur itu memiliki keunggulan dapat diakses tanpa memandang waktu dan lokasi. Sehingga, peserta JKN-KIS tidak perlu keluar rumah untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan guna menyelesaikan berbagai keperluan. Bestprofit"Saat ini marak virus corona yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam di rumah. dengan adanya inovasi yang kami berikan, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan, karena mereka dapat mengaksesnya lewat layanan CHIKA dan VIKA," kata Kepala BPJS Kesehatan Karawang, Debbie Nianta Musigiasari, pada Selasa (31/03). PT Bestprofit
CHIKA adalah pelayanan informasi dan pengaduan melalui chat yang direspons oleh Artificial Intelligence. CHIKA memberi informasi seperti cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang, mengubah data peserta, dan registrasi peserta. Fitur ini dapat diakses lewat Facebook Messenger, Telegram, serta WhatsApp.
Sementara VIKA adalah layanan informasi menggunakan mesin penjawab. Gunanya untuk mengecek status tagihan dan status kepersertaan melalui Care Center 1500 400. Debbie menilai, di era teknologi saat ini, masyarakat mendambakan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan lewat ponsel, tanpa keluar rumah. PT Bestprofit Futures"Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Telegram. Apalagi di masa sekarang ini, masyarakat diimbau lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19,fitur ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS," jelas Debbie.Grace, seorang peserta JKN-KIS mengaku telah merasakan langsung manfaat CHIKA dan VIKA. Menurutnya, CHIKA memberi informasi dengan cara yang menarik bagi anak muda."Saya mencoba berinteraksi dengan CHIKA, responnya sangat cepat, penjelasannya pun cukup memberikan saya informasi. Bagi saya ini sangat menarik karena sangat efektif dari segi biaya dan waktu, sangat mudah diakses kapanpun dan di manapun, pastinya saya akan merekomendasikan fitur ini ke keluarga dan teman-teman saya," kata Grace
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar