Jumat, 24 April 2020

Redam Imbas Corona, Pemerintah Siapkan Stimulus Bagi Petani

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah tengah menyiapkan stimulus ekonomi bagi petani. Stimulus itu diberikan untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona pada sektor pertanian. Best Profit

"Sedang dipersiapkan stimulus untuk petani. Jadi, petani dapat semacam insentif untuk tanam di musim pasca panen raya," ucap Airlangga dalam video conference, Senin (21/4).  Bestprofit

Ia menyatakan stimulus ekonomi itu masih dibahas oleh seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dengan sektor pertanian. Namun, Airlangga belum memberikan kepastian kapan tepatnya stimulus akan diberikan.  PT Bestprofit

"Ini masih dalam pembahasan," imbuh dia.

Selain itu, Airlangga bilang pemerintah juga menyiapkan sejumlah kebijakan khusus di sektor pangan. Hal ini agar pasokan bahan pokok tetap terpenuhi di tengah penyebaran virus corona. 
PT Bestprofit Futures

"Nanti Kementerian Pertanian akan sampaikan, ini termasuk infrastruktur pertanian, irigasi, hingga pemanfaatan curah hujan yang ada," jelas Airlangga. 

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah memutuskan untuk menambah alokasi belanja sebesar Rp405,1 triliun untuk menangani virus corona di dalam negeri. 

Mayoritas dana atau sebesar Rp150 triliun digunakan untuk insentif pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional, restrukturisasi kredit, dan pembiayaan UMKM. Kemudian, pemerintah menganggarkan Rp110 triliun untuk program perlindungan sosial (social safety net).

Lalu, Jokowi mengalokasikan dana sebesar Rp75 triliun untuk insentif di sektor kesehatan. Sementara, sisanya sebesar Rp70,1 triliun digunakan untuk insentif perpajakan dan stimulus KUR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar