Rabu, 26 Juli 2017

Skytrain Bandara Seokarno-Hatta Mampu Angkut 176 Penumpang

PT BESTPROFIT Pengoperasian skytrain atau Automated People Mover System (APMS) Bandara Soekarno-Hatta fase pertama akan membantu mengurangi lalu lintas (traffic) penumpang yang cukup padat.

BEST PROFIT Menurut Manager Public Relation PT Angkasa Pura (AP) II, Yado Yarismano, dalam sehari Bandara Soekarno Hatta dikunjungi oleh sekitar 200 ribu penumpang. Oleh karena itu kehadiran skytrain fase pertama yang akan menghubungkan terminal 2 dengan terminal 3, dirasa sangat membantu dengan kapasitas angkut sekitar 176 orang dalam sekali perjalanan. BESTPROFIT

"Skytrain ini kan kelebihannya ketepatan waktunya. Per 5 menit juga ada. Kapasitasnya 176 penumpang sekali angkut," ungkap Yado kepada detikFinance, Jumat (21/7/2017). PT BESTPROFIT FUTURES

Sementara itu menurut Yado, waktu tempuh yang dibutuhkan dari terminal 2 menuju terminal 3 atau sebaliknya dengan panjang lintasan 1,8 km, hanya sekitar 3 menit. Dengan waktu yang singkat dan operasional selama 24 jam, skytrain bisa mengangkut banyak penumpang saat beroperasi secara penuh dengan 3 set kereta.

"Kalau jarak tempuh saja 3 menit, lalu naik turun penumpang sekitar 1 menitan cukup. Kurang lebih 5 menitan headway-nya cukup karena dia kan hanya bolak balik aja. Kalau sudah beroperasi penuh, Insya Allah bisa mengalihkan semua penumpang ke skytrain," ujarnya.

Seperti diketahui, untuk memfasilitasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta, selama ini AP II hanya menggunakan sebanyak 12 unit shuttel bus dengan kapasitas 20-25 orang, dengan frekuensi waktu perjalanan yang tidak pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar