Jumat, 05 Januari 2018

Hari Ini dalam Sejarah: Jembatan Golden Gate Mulai Dibangun


PT BESTPROFIT - Hari ini, tepatnya 5 Januari 1933, sebuah karya konstruksi ikonik di Amerika Serikat yaitu jembatan Golden Gate mulai dibangun.

Jembatan ini dibangun selama empat tahun dan saat selesai pada 1937 panjang keseluruhan mencapai 1.280 meter dan menjadikannya sebagai jembatan suspensi terpanjang di dunia. BESTPROFIT


Sejak resmi digunakan publik pada Mei 1937, hampir dua miliar kendaraan melintasi jembatan ini baik dari sisi selatan atau utara. BEST PROFIT

Nama jembatan ini bukan diambil dari warga jingganya yang mencolok agar mudah dilihat kapal yang melintas saat kabut menyelimuti San Fransisco.

Nama jembatan ini diambil dari Selat Golden Gate, yang menghubungkan Teluk San Fransisco dengan Samudera Pasifik.

Jembatan ini membentang di atas selat dan menghubungkan sisi utara San Francisco dengan Marin County, California.

Sebelum jembatan ini berdiri, satu-satunya cara hilir mudik antara kedua tempat itu adalah dengan menggunakan kapal feri.

Perancang jembatan ini, Joseph B Strauss (1870-1938), pria kelahiran Ohio yang sudah banyak membangun jembatan di seluruh AS terlibat dalam proyek Golden Gate ini sejak 1920-an.

Sejak awal Strauss dan koleganya sudah menghadapi banyak kendala, termasuk perlawanan dari para pejabat kota yang skeptis dan khawatir dengan biaya pembangunan yang terlalu mahal.

Strauss juga ditentang para aktivis lingkungan, dan pemilik kapal feri yang khawatir kehadiran jembatan akan mengganggu bisnis mereka.

Bahkan, sejumlah arsitek mengatakan, secara teknis amat mustahil membangun jembatan itu dan tak mudah mencari dana pembangunan saat AS sedang dilanda depresi ekonomi.

Akhirnya, surat utang bernilai 35 juta dolar AS diterbitkan di California pada 1930 untuk mendanai pembangunan jembatan ini.

Begitu pembangunan dimulai, para pekerja harus berjuang melawan arus laut dan angin kencang serta kabut tebal yang kerap menyelimuti Selat Golden Gate.

Sebanyak 11 pekerja tewas dalam proses pembangunan jembatan ini. Bahkan 10 di antara para pekerja itu tewas di hari yang sama yaitu pada 17 Februari 1937 ketika perancah yang mereka gunakan jatuh dan tak tertahan jaring pengaman.

Meski diwarnai berbagai kendala dan kematian pekerjanya, jembatan ini selesai dibangun pada 27 Mei 1937. Sebanyak 200.000 orang merayakan selesainya proyek raksasa itu.

Sehari sesudahnya, dari Gedung Putih, Presiden Franklin D Roosevelt menekan sebuah kunci telegraf sebagai tanda bahwa jembatan itu resmi bisa digunakan.

Golden Gate tetap menjadi jembatan suspensi kabel terpanjang di dunia sebelum "dikalahkan" Jembatan Verrazano-Narrow di New York pada 1964 dengan selisih hanya 18 meter.

Pada Februari 1985, mobil kesatu miliar melintasi Jembatan Golden Gate. Kini, rata-rata 41 juta kendaraan bermotor melintasi Golden Gate setiap tahun.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar