Rabu, 26 Oktober 2016

Kiagus Ahmad: Sri Mulyani yang mengusulkan saya jadi Ketua PPATK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kiagus Ahmad Badaruddin menjadi Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) masa jabatan 2016-2021 dan Dian Ediana Rae menjadi Wakil Ketua PPATK. Kiagus Ahmad Badaruddin saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Dian Ediana Rae menjabat Direktur Eksekutif Bank Indonesia.

Badaruddin, sapaan akrab Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, namanya terpilih menjadi ketua PPATK berkat usulan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

"Kalau saya dari Ibu Menteri saya (Sri Mulyani Indrawati), bahwa beliau mengusulkan saya dan karena itu harus siap-siap dan belajar lah tentang tugas-tugas yang akan diberikan," ungkap Badaruddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/10).

Melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, kata Badaruddin, Jokowi menyampaikan bahwa pelantikan berlangsung pada pagi hari ini. Selain itu, Jokowi juga menyampaikan harapannya agar ke depan, PPATK tetap menjaga marwah negara sebagai institusi yang mencegah tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Iya (pesan Presiden) lebih menguatkan dalam pengertian bahwa PPATK sebagai institusi keuangan, inteligen keuangan, kiranya dapat berfungsi baik untuk mencegah dan memberantas TPPU, maupun tindakan pidana pembiayaan terorisme," jelasnya.

"Juga dapat berkolaborasi dalam arti positif dengan tetap memperhatikan tugas pokok fungsi serta independensi masing-masing bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Kemenkeu untuk menciptakan program-program yang menyehatkan baik dari aspek moneter maupun aspek fiskal yang pada hakikatnya untuk kebaikan negara dan rakyat kita," sambung dia.

Di lokasi yang sama, Dian Ediana Rae mengatakan dirinya baru mengetahui terpilih menjadi pendamping Badarudin dalam menjalankan roda lembaga PPATK setelah mendapat pemberitahuan dari Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.

"Saya memang diberitahu oleh bapak Gubernur BI, sebetulnya baru dua hari lalu lah pas mendekati proses akhir seleksi di Setneg. Dalam hal ini tentu saja saya sangat mungkin menduduki Wakil Ketua PPATK untuk mensupport Pak Badaruddin," tandasnya. PT BESTPROFIT FUTURES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar