Senin, 31 Oktober 2016

Pusat perbelanjaan 5 lantai segera dibangun di Terminal Tirtonadi

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera membangun lantai atas Terminal Tirtonadi. Peletakan batu pertama dijadwalkan pada 17 Desember 2016, sekaligus peresmian pembangunan sky brigde oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Yosca Herman Soedrajat mengatakan, pembangunan pusat perbelanjaan ini mendesak untuk dilakukan lantaran jika tidak dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan fisik pada bangunan terminal.

Untuk itu, pihaknya akan menunjuk investor pemenang lelang lama untuk pengerjaan proyek tersebut. Penunjukkan investor dilakukan setelah pihaknya berkonsultasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurut Herman, proses pemilihan investor telah dilakukan sejak aset pengelolaan terminal masih dilakukan Pemkot.

"Dulu Pemkot sudah melakukan proses lelang dan pemenangnya sudah ada. Tapi karena aset pengelolaan terminal sudah diambilalih pusat, maka lelang yang sudah dilakukan tidak berlaku," ujar Herman kepada wartawan, Rabu (26/10).

Herman mengaku, saat ini pihaknya sudah berkonsultasi dengan Kemenhub terkait masalah itu. Hasilnya, Pemkot diperbolehkan menunjuk investor pemenang lama dari Jakarta untuk melaksanakan proyek pembangunan pusat perbelanjaan di Terminal Tirtonadi. Dalam waktu dekat ia berjanji untuk memanggil investor yang bersangkutan untuk membuat sistem kerjasama.

"Kami akan menyusun detail bentuk kerjasama investor dalam melaksanakan proyek pembangunan pusat perbelanjaan. Sesuai rencana awal, terminal akan dibangun menjadi kawasan terpadu. Lantai atas akan dibangun sebagai pusat perbelanjaan," ucapnya.

Dengan konsep tersebut, penumpang terminal maupun pengantar datang dan parkir di lantai atas, kemudian masuk pusat perbelanjaan baru turun ke terminal. Begitu pula sebaliknya, penumpang yang akan pulang harus melewati pusat perbelanjaan karena kendaraannya diparkir di atas.

"Konsepnya akan dibangun lima lantai untuk bagian tengah, sedangkan bagian sayap dibangun dua lantai. Anggaran pembangunan pusat perbelanjaan diperkirakan menelan anggaran Rp375 miliar," jelasnya.

Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo menambahkan, pihaknya telah mengantongi izin pembangunan pusat perbelanjaan lantai dua hingga lima di Terminal Tirtonadi dari Kemenhub.

"Nantinya pusat perbelanjaan akan dikelola Pemkot melibatkan investor. Meskipun status aset tanah dan bangunan milik Kemenhub, namun model pengelolaan akan diterapkan sistem sewa. Pemkot akan membayar uang sewa kepada Pemerintah Pusat. Jadi nanti terminal bawah dikelola Pusat. Sedangkan pusat perbelanjaan kita yang mengelola dan nanti bayar sewa ke pusat," katanya. PT BESTPROFIT FUTURES | EQUITY TOWER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar