Pengiriman smartphone di Indonesia oleh para produsen
nampaknya sedikit dikendurkan. Hanya saja, jika dibandingkan dengan
tahun lalu terlihat ada peningkatan. Analisa itu setidaknya berdasarkan
laporan International Data Corporation (IDC) yang terbaru.
Hasil laporan itu memperlihatkan bahwa pada kuartal ketiga tahun 2016
tercatat pengiriman smartphone menurun 7 persen. Namun bila
dibandingkan periode sama pada tahun lalu meningkat 4 persen.
Senior Market Analisis, Device Client, IDC Indonesia, Reza Haryo
mencoba membeberkan fenomena tersebut. Dikutip dari situs resmi IDC,
Selasa (27/12), Reza menyebutkan penurunan pengiriman itu terjadi
lantaran para produsen akan fokus pada peningkatan kinerja penjualan
pasca Lebaran.
"Itu terlihat setelah puncak Lebaran berakhir yang dimulai pada
kuartal ketiga 2016. Mereka lebih fokus pada peningkatan penjualan serta
mempersiapkan untuk mengantisipasi puncak musim belanja pada kuartal
keempat 2016," kata dia.
Dilanjutkannya, hasil analisis itu juga mencatat adanya kenaikan yang
signifikan pada smartphone dengan rentang harga USD 250 sampai USD 300.
Dengan rentang harga itu, Oppo F1s dan Samsung Galaxy J7 berkontribusi
besar.
Meski begitu, secara keseluruhan market di Indonesia untuk smartphone
dengan rentang harga USD100 hingga USD200 juga akan tetap laku. Ini
karena permintaan untuk kelas smartphone 4G khusus entry level mampu
memikat konsumen dengan spesifikasi RAM 2GB dan memori internal 16 GB.
Smartphone 4G meningkat
Data
IDC juga menyebutkan jika pangsa pasar smartphone 4G meningkat dengan
pertumbuhan rata-rata 8 persen setiap kuartal. Pada kuartal kedua 2016
pangsa pasar mencapai 58 persen menjadi 68 persen pada kuartal ketiga
2016. Peningkatan ini disebabkan pula adanya fakta jika layanan
telekomunikasi turut bersaing memperluas pangsa pasar layanan 4G mereka
dengan meningkatkan pengguna smartphone 4G melalui program bundling.
Sejalan dengan langkah ini, porsi smartphone yang terjual yang dilakukan industri telekomunikasi juga meningkat 22 persen (YoY).
"Indonesia menggunakan smartphone untuk tujuan hiburan seperti media
sosial, video streaming, game, serta browsing. Oleh karena itu, ada
permintaan untuk ponsel berukuran layar yang lebih besar dan pangsa
phablets telah meningkat dari 11 persen di kuartal ketiga 2015 sampai 16
persen di kuartal ketiga pada 2016. Sebagian besar datang dari vendor
besar seperti Samsung, Oppo, dan Asus. Samsung Galaxy J7, Oppo F1s dan
Asus Zenfone Selfie termasuk di antara model yang paling populer, jelas
Reza.
Berikut adalah pangsa pasar smartphone di Indonesia versi IDC pada kuartal ketiga tahun 2016. BEST PROFIT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar