Senin, 19 Februari 2018

KCIC Bocorkan Penyebab Lambatnya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung


PT BESTPROFIT - Pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta- Bandung molor. Hal ini lantaran ada beberapa permasalahan yang belum selesai seperti pembebasan lahan, penentuan lokasi serta pinjaman yang belum cair.

Komisaris Utama PT Kereta Cepat Indonesia China, Sahala Lumban Gaol menjelaskan ada 22 titik poin kritis atau critical point dalam pengerjaan proyek yang dibiayai oleh China Development Bank (CDB) tersebut. BESTPROFIT


Salah satu critical point berada di pengerjaan lahan milik TNI Angkatan Udara di Halim. Diatas lahan milik TNI AU tersebut, bakal dibangun jalur kereta elevated sepanjang 2,6 kilometer. Setelah itu akan dibuat tunnel atau terowongan. BEST PROFIT

"Critical point disana. Sepanjang Jakarta-Bandung itu ada sekitar 22 titik critical. Satu di DKI (Jakarta) di tunnel(terowongan), satu (lagi) di Halim (elevated)," ujarnya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (20/2).

Dia menjelaskan, saat ini pembebasan lahan di DKI Jakarta sudah rampung dan sudah dibayarkan semuanya. Hanya saja dalam mengeksekusi pembangunan dibutuhkan waktu kurang lebih 26 bulan lantaran kontruksi yang cukup berat.

"Itu (jaraknya) kalau tidak salah 2,6 km. Butuh waktu mungkin 26 bulan mungkin hanya untuk bangun tunnel itu aja. Sekarang sudah persiapan," pungkasnya.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar