Selasa, 28 Agustus 2018

Saran Psikolog Agar Tak Terpancing Hasutan Negatif di Medsos


Maraknya gambar meme penuh hasutan dan ujaran kebencian semakin tidak terhindarkan. Beredar luas di media sosial sehingga banyak yang tanpa sengaja terpapar oleh energi negatif yang dibawanya.
Self control alias pengendalian diri merupakan kunci utama dalam penyampaian berpendapat baik di lingkungan sosial maupun di dunia maya. Demikian disampaikan oleh Bona Sardo, Psikolog RS Mitra Keluarga Depok, kepada detikHealth, Senin (27/8/2018).


"Pengendalian diri sendiri itu perlu, yang penting harus dimiliki adalah adanya kemampuan mencerna atau menerima pesan yang diterima," tutur Bona saat dihubungi melalui telepon.
Dengan adanya pemikiran yang terbuka, seseorang bisa mengetahui makna pesan yang disampaikan. Penyampaian komunikasi akan berjalan baik dan dapat menciptakan pemikiran yang sehat.
"Kalau sudah mencerna pesan, kita dapat mengkomunikasikan kembali degan baik dan benar, tentu menciptakan pemikiran yang sehat. Kalau sudah emosi atau kesal, pasti bawaannya negatif saja penyampaiannya," imbuhnya.

Bona menekankan agar masyarakat lebih terbuka dalam berpikir dan tidak mengandalkan perspektif agama maupun suku. Menurutnya, kemampuan mencerna pesan merupakan salah satu bentuk mengurangi ujaran kebencian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar